Cara Rasul Mendidik Anak Agar Menjadi Anak Penurut dan Sholeh

cara rasul mendidik anak

Cara Rasul Mendidik Anak Agar Menjadi Anak Penurut dan Sholeh

cara rasul mendidik anakSebagai suri tauladan bagi seluruh umat muslim, sudah sepatutnya jika segala hal tentang Rasulullah wajib Anda contoh. Termasuk untuk cara mendidik anak-anak yang akan menjadi bekal mereka di kehidupan mendatang.

Ya, selain sebagai pembela Islam sejati Rasulullah juga seorang ayah yang begitu sayang dan cinta pada anak-anaknya. Dimana wujud kasih sayang Rasul pada anak-anaknya telah beliau tunjukkan dengan cara mendidik mereka secara benar sejak dini.

Nah berikut ini beberapa cara Rasul mendidik anak agar menjadi anak sholeh dan penurut terhadap kedua orangtuanya.

  1. Memberi Nasehat

Salah satu cara terbaik yang sudah Rasul contohnya pada semua orang tua adalah dengan banyak memberikan nasehat pada buah hatinya. Ubahlah kebiasaan Anda memarahi anak-anak menjadi kebiasaan yang lebih mulia, yaitu dengan menasehati mereka dengan tutur kata yang jauh lebih lembut.

Apabila anak-anak melakukan kesalahan, buatlah pengertian dari apa yang ia lakukan. Kemudian berikan contoh bagaimana tindakan yang benar. cara Rasul mendidik anak dengan banyak menasehatinya ini bahkan telah diriwayatkan dalam sebuah hadis yang berbunyi “Wahai anak kecil, sesungguhnya aku akan mengajarkan beberapa kalimat (nasehat) kepadamu: Jagalah (batasan syariat Allah maka Ia akan menjagamu, jagalah batasan (syariat) maka kamu akan mendapati-Nya di hadapanmu.

  1. Mengajarkan Ilmu Agama

Sedari dalam kandungan, Rasul selalu memberikan pengertian dan ilmu agama pada anaknya. Dimana pemberian ilmu ini selalu beliau lakukan dengan tahap yang berbeda. Seperti mengajarkan anak mengaji saat di dalam kandungan yang beliau lakukan dengan membacakannya ayat suci Al-Qur’an.

Kemudan mengajaknya untuk melakukan ibadah wajib seperti sholat dan puasa ketika anak-anak sudah memasuki usia selambat-lambatnya 5 tahun. Rasul juga begitu menekankan ilmu tahuhid pada anak-anaknya sebagai bekal hidup di dunia dan akhirat.

  1. Berlaku adil

Inilah cara Rasul mendidik anak yang sering kali masih sulit dilakukan orang tua masa kini. Dimana mereka sering kali membanding-bandingkan anak satu dengan anak lainnya. Padahal hal demikian akan sangat mengganggu psikologi anak-anak, mengingat setiap anak memiliki keistimewaan masing-masing yang tak bisa dibandingkan.

Bahkan Rasulullah juga sama sekali tak pernah membeda-bedakan antar anak laki-laki dna perempuan yang saat itu derajat laki-laki terkesan jauh lebih tinggi dibanding derajat perempuan. Namun hal ini tak berlaku saat beliau mendidik anak-anaknya.

  1. Mengajarkan pekerjaan rumah tangga

Meskipun Rasul seorang lelaki, namun bukan berarti beliau tak pernah atau bahkan tak tahu pekerjaan rumah tangga. Bahkan beliau pun sering kali bekerja sama dengan istrinya untuk menyelesaikan pekerjaan rumah tangga mereka.

Kebiasaan baik Rasul ini juga diterapkan pada anak-anak. Dimana mereka banyak diajarkan tentang pekerjaan rumah tangga dan pengertian untuk selalu berusaha membantu orang tua mereka. Pengajaran ini juga akan membentuk jiwa tanggung jawab pada anak sejak usia dini.

  1. Mengayomi

Selain berlaku sebagai orang tua, cara Rasul mendidik anak lain yang begitu ditekankan beliau adalah dengan mengayomi anak sebagaimana sahabatnya. Jadilah orang tua yang tahu posisi, dimana harus berlaku sebagai orang tua, sahabat juga guru.

Terlebih bagi anak perempuan, Rasulullah selalu mengayomi anak perempuannya dengan baik, sebagaimana yang diriwayatkan dalam sebuah hadis.

“Barangsiapa yang mengayomi dua anak perempuan hingga dewasa, Maka ia akan datang pada hari kiamat bersamaku”

Itulah sedikit cara Rasul mendidik anak yang bisa Anda tiru dalam kehidupan sehari-hari. Dan selain cara-cara di atas masih banyak lagi cara dan tips yang Rasul berikan agar anak Anda kelak menjadi anak sholeh dan mampu menjadi orang yang selamat dan bertahta baik di dunia maupun di akhirat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *